MATERI 1 : Optimalisasi Implementasi Dan BBOSKIN Prestasi Tahun 2024
BY : MARGONO, M.Pd. (Kepala Sekolah SMPN 2 Sungailiat)
Dana BOS kinerja merupakan sumber daya penting dalam meningkatkan prestasi sekolah. Tujuannnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi akademik siswa secara efektif dan inovatif. Dasar hukumnya adalah peremendikbudristek no. 63 tahun 2022. Sehigga sasaran kegiatan dalam peraturan ini adalah pengembangan manajemen dan ekosistem dalam bentuk pengembangan strategi manajemen talenta sekolah.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan fokus pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang terdiri dari mapel IPA, IPS, dan Matematika. Dengan tahapan hasil bidang riset dan inovasi lulus OSN tingkat propinsi kepulauan Bangka Belitung.
MATERI 2 : Dari Potensi Menuju Prestasi
By : Nurhasanah, S.Pd (Guru SMPN 2 Sungailiat)
Element yang penting dalam manajemen talenta adalah identifikasi talenta, pengembangan talenta, motivasi dan pembinaan, memperatahankan talenta, dan mengarahkan ke prestasi. Pentingnya manajemen talenta adalah memaksimalkan potensi siswa, motivasi, percaya diri, karakter, masa depan, berprestasi, inovatof, dan mendukung komunitas.
Langkah dalam menentukan talenta siswa adalah meteode (observasi, tes psikologi, ekstrakulikuler, kolaborasi guru dan orang tua juga siswa. Strateginya adalah program khusus, akademik, dan penghargaan. Pemantauannya adalah berkala, bimbingan, dan dokumentasi serta kemajuan kelas.
Program yang dijalankan misalkan klub sains, olahraga, literasi, dan seni budaya. Dengan lingkungan belajar lab, ruang literasi, dan klub. Peran orang tua, komunitas, organisasi, stakeholder dan terlibat alumni.
MATERI 3 : Strategi Manajemen Talenta Siswa
By : Fajrin Septian Irsyad, S.Pd
Strategi manajemen yang dibangun adalah menggunakan analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Adapun caranya adalah pemetaan siswa, rencana pembinaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Adapun strategi yang harus dibangun oleh pembina adalah menyukai bidangnya, memiliki kompetensi, lebih semangat daripada siswa, mau berkorban waktu dan tenaga, pembinaan terstruktur, selalu motivasi siswa, kolaborasi antar lembaga, dukungan penuh sekolah, dan pemberian reward kepada siswa dan guru.
MATERI 4 : Pengembangan Strategi Manajemen
By : Indah Puspita, S.Si.,M.Si
Motivasi bagi peserta didik bertalenta dalam bidang pelajaran yang disukai dan dicintainya sangat diperlukan dan bahkan menjadi sebuah kewajiban untuk dilaksankan. Motivasi terbesar bagi guru dan siswa yakni mempunyai target yang besar untuk mengharumkan nama baik lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar